Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada masing-masing indikator agar diketahui pada indikator mana siswa mengalami masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen tes dan wawancara. Subjek penelitian yaitu 30 siswa XI MIA MAN 3 Pekanbaru. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam reduksi data peneliti merangkum data dan mengklasifikasikan data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa siswa berkemampuan tinggi dan sedang memiliki kemampuan pemahaman konsep yang sangat baik dalam menentukan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, sedangkan siswa yang berkemampuan rendah berada pada kategori baik. Siswa berkemampuan tinggi telah mampu menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari dengan sangat baik sedangkan siswa berkempuan sedang dan rendah berada pada kategori cukup. Dalam mengaitkan berbagai konsep, siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang cukup baik.
Copyrights © 2021