Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi
EULER: Volume 7 Issue 1 June 2019

DESKRIPSI KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP

Muh Rizal Kidjab (Jurusan Matematika, Universitas Negeri Gorontalo, Bone Bolango 96119)
Sumarno Ismail (Jurusan Matematika, Universitas Negeri Gorontalo, Bone Bolango 96119)
Abdul Wahab Abdullah (Jurusan Matematika, Universitas Negeri Gorontalo, Bone Bolango 96119)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika SMP. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan kemandirian belajar matematika antara lain: (1) mampu bertanggung jawab, (2) memiliki kedisiplinan, (3) mampu bekerja sendiri, (4) memiliki inisiatif, dan (5) memiliki kepercayaan diri. Instrumen pengumpulan data terdiri dari angket dan wawancara untuk memperdalam informasi mengenai kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika SMP. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Kabila yang diambil berdasarkan teknik simple random sampling. Analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persentasi kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika dengan predikat tinggi sebesar 17,39 %, predikat sedang sebesar 56,52%, dan predikat rendah sebesar 26,09 %. Selanjutnya diketahui bahwa faktor-faktor yang paling dominan mempengaruhi kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika antara lain, ketidakmampuan siswa dalam menilai diri sendiri serta kurangnya inisiatif diri.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Euler

Publisher

Subject

Computer Science & IT Mathematics

Description

Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi is a national journal intended as a communication forum for mathematicians and other scientists from many practitioners who use mathematics in the research. Euler disseminates new research results in all areas of mathematics and their ...