Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar (JP3D)
Vol 4, No 1: May 2021

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Tematik Muatan Pelajaran IPA Peserta Didik Kelas V SD Negeri

Arida Febriyanti Febriyanti (Program Magister Pendidikan Dasar Universitas Bengkulu.)
Agus Susanta Susanta (Program Magister Pendidikan Dasar Universitas Bengkulu.)
Abdul Muktadir Muktadir (Program Magister Pendidikan Dasar Universitas Bengkulu.)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL  terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Tematik muatan pelajaran IPA peserta didik kelas V SD Negeri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan ialah quasy experiment. Desain pada penelitian ini yaitu The Matching Only Pretest-Posttes Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di SD Negeri Gugus I Kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara terakreditasi A. Sampel dalam penelitian ialah siswa kelas VC SDN 009 Bengkulu Utara berjumlah 21 orang sebagai kelas eksperimen, dan SDN 016 Bengkulu Utara berjumlah 21 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis terdiri atas dimensi kemampuan berpikir lancar (fluency), kemampuan berpikir luwes (flexibility), kemampuan berpikir orisinil (originality), kemampuan berpikir merinci (elaboration), dan kemampuan berpikir menilai (evaluation). Untuk mendeskripsikan proyek pop up book menggunakan lembar observasi tahapan proses dan tahapan hasil proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran tematik muatan pelajaran IPA peserta didik kelas V SD Negeri. Penelitian ini juga menghasilkan proyek pop up book dua dimensi dengan baik sehingga berpengaruh terhadap dimensi kemampuan berpikir lancar (fluency), kemampuan berpikir luwes (flexibility), kemampuan berpikir orisinil (originality kemampuan berpikir merinci (elaboration), kemampuan berpikir menilai (evaluation).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dikdas

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar (JP3D) menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Tulisan hendaknya berkenaan dengan permasalahan di bidang pendidikan dasar, baik yang berkaitan dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) maupun pendidikan di ...