Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeksripsikan proses pelaksanaan pembelajaran PKn yang terintegrasi dengan materi ajar lainnya berbasis penumbuhan karakter dalam K13, kegunaan bahan ajar PKn yang terintegrasikan dengan pembelajaran lain berbasis penumbuhan karakter nasionalisme dan mengetahui cara guru menilai pertumbuhan karakter nasionalisme. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah pengawas, kepala sekolah, guru dan siswa SD Negeri 03 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan uji kredibilitas data melalui peningkatan ketekunan, perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, siswa menunjukkan penumbuhan karakter nasionalisme dalam kegiatan pembiasaan siswa, kegiatan tersebut meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Bahan ajar PKn dalam menumbuhkan karakter nasionalis pada siswa dengan memilih dan memilah materi yang sesuai dengan karakter tersebut. Guru menilai karakter nasionalisme dalam diri siswa dengan mengunakan jurnal pengembangan sikap dan lembar observasi sikap siswa pada proses pembelajaran.
Copyrights © 2020