Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar (JP3D)
Vol 3, No 2: November 2020

Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking (Hot) Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar

Andy Rusdianto Rusudianto (Program Magister Pendidikan Dasar Universitas Bengkulu)
Agus Susanta Susanta (Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Bengkulu)
Abdul Muktadir Muktadir (Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
02 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan bagaimana pengembangan instrumen penilaian berbasis HOT, serta untuk menghasilkan instrumen penilaian berbasis HOT pelajaran Matematika kelas IV sekolah dasar yang valid dan reliabel. Penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari model Borg dan Gall. Prosedur penelitian mencakup: penelitian dan pengumpulan informasi; perencanaan; pengembangan produk awal; uji coba terbatas; revisi produk awal; dan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian berbasis HOT yang dikembangkan berupa 15 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian pada aspek materi, konstruksi dan bahasa dinyatakan valid secara teoritis berdasarkan judgment ahli dan secara empiris instrumen valid dan reliabel berdasarkan hasil analisis ujicoba lapangan. Pada soal pilihan ganda rata-rata validitas butir soal 0,46 “cukup baik”, koefisien reliabilitas sebesar 0,73 “baik”, sedangkan soal uraian rata-rata validitas butir soal 0,76 “baik”, koefisien reliabilitas sebesar 0,81 “baik”. Secara umum instrumen penilaian yang dikembangkan telah memenuhi kriteria tes yang baik, yaitu valid dan reliabel.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dikdas

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar (JP3D) menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Tulisan hendaknya berkenaan dengan permasalahan di bidang pendidikan dasar, baik yang berkaitan dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) maupun pendidikan di ...