BiosciED: Journal of Biological Science and Education
Vol. 1 No. 1 (2020)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 TAMIANG LAYANG

Ngantung, Listin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning), yang pada prinsipnya merupakan proses pembelajaran berbasis kerja sama antar peserta didik dan antar komponen-komponen lain di sekolah. Dalam upaya peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik kelas VII B SMP Negeri 1 Tamiang Layang telah dilaksanakan dan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-otside Circle meningkatkan dapat menningkatkan hasil belajar biologi pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Telah di praktekkan terhadap Peserta didik dalam pembelajaran biologi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-outside Circle memperoleh rerata hasil belajar lebih baik yaitu 68,35 pada siklus I dan 77,21 pada siklus II. Secara Implikasi Teoritis dapat memperluas pengetahuan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Penggunaan model pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik materi pembelajaran yang akan disampaikan. Implikasi Praktis bagi Guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-outside Circle untuk meningkatkan hasil belajar biologi khususnya pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup, Dalam pembelajaran, guru seharusnya memperhatikan aktivitas peserta didik secara menyeluruh,. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-outside circle sangat efektif untuk semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan usia didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bed

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Other

Description

BioscieED is a Peer-Reviewed journal that is published 2 (two) times a year in June and December. BiosciED is an acronym for Biological Science and Education which represents the focus and scope of the Biology Education journal. The focus and scope of the journal include research related to the ...