ABSTRAK Tujuan dalam pengembangan ini adalah mengahasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis android menggunakan android studio yang layak dan praktis untuk digunakan siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Punggur. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model 4-D. Tahapan model 4-D terdiri dari Define, Design, Development, and Disseminate. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Angket yang di gunakan yaitu angket validasi ahli untuk penilaian kelayakan produk dan angket siswa untuk melihat kepraktisan produk.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup beberapa langkah, yaitu analisis data, tabulasi data, dan menafsirkan presentase angket.Hasil validasi yang diperoleh dari media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dengan presentase validasi ahli materi 83%, ahli media 88%, dan dengan rata-rata yang diperoleh 86%. Hasil uji coba kelompok kecil yang pertama memperoleh presentase 85% dan uji coba kedua memperoleh presentase 88% dengan rata-rata 86,5% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka media pembelajaran berbasis android menggunakan android studio ini dinyatakan layak dan praktis. Kata kunci: android studio; media pembelajaran; penelitian pengembangan (R&D); turunan ABSTRACT The purpose of this development is to produce a product in the form of an Android-based learning media using an Android studio that is feasible and practical to be used by students in class XI of SMA Negeri 1 Punggur.The model used in this development research is a 4-D model. The stages of the 4-D model consist of Define, Design, Development, and Disseminate. The instrument of data collection is a questionnaire. The questionnaire used is an expert validation questionnaire for the assessment of product feasibility and student questionnaires to see the practicality of the product. The dasta analysis technique used in this study includes several sterps, namely data analysis, data tabulation, and interpreting the percentage of questionnaires. The results of the validation obtained from the learning media developed were declared very feasible with the percentage of material expert validation 83%, 88% media experts, and with an average of 86%. The results of the first small group trial obtained a percentage of 85% and the second trial obtained a percentage of 88% with an average of 86.5% with a very practical category. Based on the established criteria, the Android-based learning media using Android Studio are declared feasible and practical. Keywords: android studio; derivatives; learning media; research development (R & D)
Copyrights © 2020