Jurnal Biology Education
Vol 4, No 1 (2015): Biology Education

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH

Erdi Surya (Universitas Serambi Mekkah)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2016

Abstract

Telah dilakukan sebuah penelitian yang berjudul “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Sikap Ilmiah Siswa Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia di SMA Negeri 11 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan sikap ilmiah siswa pada konsep Sistem Pernapasan Manusia melalui pembelajaran berbasis masalah. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan “pretest-postest control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 tahun ajaran 2012/2013. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu satu kelas eksperimen sebanyak 30 orang dan satu kelas kontrol sebanyak 30 orang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah skor kemampuan sikap ilmiah siswa terhadap PBL. Uji perbedaan dua rerata antara dua kelompok perlakuan menggunakan uji t. Data menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan secara signifikan pada kelas eksperimen dibanding kelas kontrol pada taraf α=0,05 yaitu thitung ttabel. Pada sikap ilmiah 2,7 1,67. Rata-rata N-Gain sikap ilmiah siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,30 dan 0,40; yang termasuk kategori sedang. Pada umumnya siswa menyatakan senang dengan pembelajaran berbasis masalah karena dapat meningkatkan minat belajar dan mudah dalam memahami konsep. Dengan demikian pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan sikap ilmiah siswa di SMA Negeri 11 Banda Aceh.Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah dan sikap ilmiah

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jurnal-biologi

Publisher

Subject

Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan ...