Statement : Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Vol. 9 No. 1 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM MEMAHAMI MATERI SENYAWA HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 JAKARTA

Nasridah (SMA Negeri 3 Jakarta Selatan)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran kimia pada pemahaman senyawa hidrokarbon dan minyak bumi melalui penerapan metode eksperimen pada siswa kelas X A SMA Negeri 3 Jakarta. Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara guru kimia (peneliti) dengan tim kolaborator. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X A SMA Negeri 3 Jakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari peneliti, tes tertulis, LKS, lembar observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini adalah (1) keaktifan siswa melalui penerapan metode eksperimen mencapai rata-rata 71,34% (kriteria sedang) pada siklus pertama, kemudian guru melakukan perbaikan tindakan pada siklus kedua sehingga dapat meningkatkan tingkat keaktifan siswa menjadi 78.2%. (2) tindakan perbaikan pada siklus kedua meliputi pembagian kelompok disesuaikan dengan karakteristik siswa dan hasil intake siswa secara merata, guru membagi tugas pada setiap anggota-kelompok, guru memberikan waktu kepada siswa untuk menuliskan hasil percobaan pada buku tulisnya dan guru memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk membuat pertanyaan kepada kelompok yang sedang mempresentasikan hasil percobaannya. (3) hasil belajar siswa dari tes pra siklus mencapai rata-rata sebesar 62.3 (kategori cukup), selanjutnya pada siklus pertama menerapkan metode eksperimen yang melibatkan siswa untuk melakukan percobaan dengan bimbingan guru sehingga ada peningkatan hasil belajar mencapai rata-rata 72.4 (kategori baik), kemudian pada siklus kedua, guru melakukan perbaikan tindakan sehingga hasil belajar meningkat dengan rata-rata 86.6 (kategori baik).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

statement

Publisher

Subject

Religion Education

Description

jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan yang bernaung dibwah Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan (PMPP), menerima naskah hasil penelitian dalam bidang ilmu sosial diantaranya pendidikan, agama dan kajian ilmu sosial ...