Statement : Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan

PENGARUH PROFESIONALISME DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 1 SUBANG

Ahmad Zain Sarnoto (Institut PTIQ Jakarta)
Andri Andri (Institut PTIQ Jakarta)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2021

Abstract

Profesionalisme Tenaga Pendidik merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik. Peningkatan dari skor Profesionalisme Tenaga Pendidik akan diikuti dengan peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik. Kinerja Tenaga Pendidik merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik. Peningkatan dari Kinerja Tenaga Pendidik akan diikuti dengan peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik. Hubungan kedua variabel independen (Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kinerja Tenaga Pendidik) secara simultan menujukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan dengan variabel dependen (Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik). Jadi pada permasalahan yang sedang diteliti diketahui bahwa secara simultan kedua variabel independen atau bebas (Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kinerja Tenaga Pendidik) memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik. Maka secara bersama-sama variabel Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kinerja Tenaga Pendidik memberikan kontribusi atau pengaruh terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik dan sisanya merupakan faktor lain diluar kedua variabel bebas yang diteliti. Jadi Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik tidak hanya dipengaruhi oleh Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kinerja Tenaga Pendidik saja, akan tetapi bisa juga dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, pola asuh orang tua, pendidikan agama sejak usia anak-anak, latar belakang pendidikan orang tua, Pendidikan di sekolah dan lain sebagainya

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

statement

Publisher

Subject

Religion Education

Description

jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan yang bernaung dibwah Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan (PMPP), menerima naskah hasil penelitian dalam bidang ilmu sosial diantaranya pendidikan, agama dan kajian ilmu sosial ...