Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan
Vol. 5 No. 1 (2019): JURNAL AGAMA BUDDHA DAN ILMU PENGETAHUAN

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL NOVEL MATERI EMPAT PERISTIWA AGUNG DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Handi Tri Hermawan, Hesti Sadtyadi, Hariyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis visual novel pada materi Empat Peristiwa Agung di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian dan pengembangan atau Research and Develepment (R&D) ini yang diadaptasi dari model pengembangan Brog dan Gall dengan menyederhanakan menjadi 7 tahap pengembangan. Uji kelayakan dilakukan tiga pengguna materi oleh guru pendidikan Agama Buddha dan dua ahli media oleh dosen STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah. Media yang dikembangkan diuji cobakan kepada 47 siswa SMP Negeri 2 Pakis Aji, SMP Negeri 2 Donorojo Kabupaten Jepara, dan SMP Negeri 1 Cluwak, Kabupaten Pati. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis Visual Novel materi Empat Peristiwa Agung Di Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh nilai validitas dan reliabilitas 0,61, sehingga dinyatakan valid dan reliabel. Selanjutnya penilaian ahli media diperoleh nilai validitas dan reliabilitas 0,79 sehingga dinyatakan valid dan reliabel. Respon siswa terhadap media menunjukan bahwa bahan ajar berupa Livin Maker 2 sangat diminati siswa. Sehingga media pembelajaran berbasis Visual Novel pada materi Empat Peristiwa Agung sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ABIP

Publisher

Subject

Religion Humanities Physics Social Sciences Other

Description

ABIP adalah Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan , yang terbit tiap tahun, merupakan jurnal yang sebelumnya terbit secara intern dalam lingkungan Sekolah Tinggi Agama Buddha Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah. Dalam periode September 2014 ABIP terbit dalam skala yang lebih luas, menjadi jurnal ...