Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan
Vol. 6 No. 2 (2020): Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR, DAN POWER POINT, TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DITINJAU DARI KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 WONOGIRI

Parti Parti (SD Negeri 1 Karang)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh prestasi belajar pendidikan agama Buddha pada siswa yang disebabkan oleh pembelajaran dengan penggunaan media gambar power point, video. Pengaruh prestasi belajar pendidikan agama Buddha pada siswa yang disebabkan oleh perbedaan tingkat kreativitas. Pengaruh antara prestasi belajar pendidikan agama Buddha pada siswa yang disebabkan oleh pembelajaran dengan menggunakan media gambar, power point, dan tingkat kreativitas siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada SMA Negeri 1 Wonogiri tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan faktorial 3x2. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonogiri. Instrumen untuk mengambil data berupa tes prestasi belajar pendidikan agama Buddha dan angket kreativitas. Untuk mengetahui ketepatan dan kesahihan tes prestasi belajar pendidikan agama Katolik digunakan tehnik Kuder Richarson 20 (KR 20) sedangkan angket digunakan tehnik belah dua dari Sperman Brown. Analisis data digunakan tehnik analisis varians (ANAVA) dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan yang signifikan mengenai prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran gambar, power point ,video (Fhitung > Ftabel 0,05 = 5,091973 > 3,103623). Terdapat perbedaan yang signifikan mengenai prestasi belajar siswa yang disebabkan oleh tingkat kreativitas (Fhitung > Ftabel 0,05 = 27,871 > 3,953623). Tidak ada interaksi yang signifikan mengenai prestasi belajar pendidikan agama katolik yang disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran gambar, power point, dan tingkat kreativitas (Fhitung < Ftabel 0,05 = 0,567 < 3,103623). Berdasarkan temuan tersebut di atas, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa prestasi belajar pendidikan agama Buddha dapat ditingkatkan melalui penggunaan media pembelajaran gambar, power point, dan peningkatan tingkat kreativitas siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ABIP

Publisher

Subject

Religion Humanities Physics Social Sciences Other

Description

ABIP adalah Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan , yang terbit tiap tahun, merupakan jurnal yang sebelumnya terbit secara intern dalam lingkungan Sekolah Tinggi Agama Buddha Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah. Dalam periode September 2014 ABIP terbit dalam skala yang lebih luas, menjadi jurnal ...