Jurnal PTI (Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi)
Vol. 6 (2019) No. 2

Korelasi Kecerdasan Emosional dengan Sikap Belajar pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi

Rina Sepriana (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
Yogi Rachmat Febrinandi (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan dan positif antara Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Sikap Belajar pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI Di SMA N 16 Padang Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskritif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 16 Padang tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 217 orang dan sampel 141 orang. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan instrumen penelitian berupa angket. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert. Pada penelitian ini dilakukan teknik analisis data berupa uji-t setelah dilakukan uji persyaratan terdiri dari uji normalitas, uji linearitas. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan diperoleh angka korelasi sebesar 0,195. Setelah dilakukan uji signifikansi diperoleh thitung = 2,388 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk =139 nilainya adalah 1,976. Jadi thitung berada diluar harga ttabel (thitung > ttabel ) sehingga menolak H0 dan menerima H1. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan sikap belajar pada mata pelajaran TIK kelas XI SMA N 16 Padang semester genap tahun ajaran 2014/2015.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal PTI terbit dua kali setahun yaitu, pada bulan Juni dan Desember. Jurnal PTI menerima dan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dari hasil penelitan dan kajian analisis dibidang Pendidikan Teknologi Informasi dan bidang-bidang yang terkait ...