Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 7, No 1 (2014): April - Jurnal Teknologi Pendidikan

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Berlian Juni Rosmawati Juni Rosmawati Marpaung (Guru SMK Negeri 10 Medan)
Efendi Napitupulu (Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2017

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran talking stick dan ekspositori terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa, pengaruh perbedaan gaya belajar kinestetik dan auditori terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa, dan interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa. Metode penelitian quasi eksperimen, populasi 200 orang, teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling, analisis  varians dua jalur Two Way Anava (2x2), taraf signifikansi a = 0,05, menggunakan Uji-F, dan pengujian uji lanjut  dengan uji Scheffe.  Hasil penelitian diperoleh; siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran talking stick memperoleh hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik memperoleh hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang lebih tinggi dibandingkan dengan gaya belajar auditori, dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa.   Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Gaya Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian, kajian ilmiah dan pengembangan teknologi pendidikan yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan dan pembelajaran ...