Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja ombusaman kota Makassar melalui analisis tentang, 1) kesiapan Ombudsman kota Makassardalam menerima laporan atau pengaduan masyarakat, 2) Strategi yangditempuh oleh Ombudsman kota makassar dalam menindaklanjuti pengaduanmasyarakat 3) kualitas pelayanan instansi pemerintah terhadap masyarakatsetelah diadukan ke Ombudsman kota Makassar. Metode penelitian yangdigunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan pendekatanyang digunakan adalah fenomenologis. Informan penelitian adalahKomisioner Ombudsman kota makassar, asisten komisioner, staf Komisioner,Instansi atau Satuan Kerja Perangkat daerah, (SKPD) terlapor dan masyarakatpelapor. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Komisioner OmbudsmanKota makassar telah menjalankan tugasnya sebagai lembaga pengawaspelayanan publik dengan menerima laporan masyarakat atas tindakanpelanggaran (maladministrasi) yang dilakukan oleh instansi pemerintah(SKPD) kemudian menindaklanjuti melalui pemberian rekomendasi kepadainstansi atau laporan kepada pemkot (Walikota Makassar) dengan tujuanuntuk memperbaiki kinerja SKPD-nya yang kurang baik. Sehingga dengandemikian Ombudsman kota Makassar menunjukkan keefektifan dan kinerjayang baik.
Copyrights © 2014