MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Wijaya, Ariska Juwita (Unknown)
Pujiastuti, Heni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2020

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendekatan Open Ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematik pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Nonequi valent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik claster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa untuk kelas eksperimen dan 20 orang siswauntukkelaskontol. pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang dikumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf kesalahan sebesar α = 0,05, diperoleh thitung> ttabel(1,917> 1,665), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tahun Pelajaran 2019/2020. Rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberi perlakuan dikelas eksperimen sebesar 78 dan kelas kontrol 46. Kata-kata kunci:Pendekatan Open-Ended, Berpikir Kritis

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...