Abstrak:Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan komunikasi matematis iswa dalam menyelesaikan soal dengan materi SPLDV. Subjek penelitian adalah siswa SMP kelas 8 yang terdiri dari 21 siswa. Jumlah subjek pada penelitian ini terdiri dari empat siswa yang di kategorikan ke dalam empat tingkatan berdasarkan pembagian tingkat kemampuan komunikasi siswa. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa tingkat kemampuan komunikasi matematis mahasiswa matematika dalam menyelesaikan soal matematika dengan materi SPLDV dapat disimpulkan sebagai berikut : subjek berkemampuan sangat tinggi mencapai empat indikator komunikasi matematis, subjek berkemampuan tinggi mencapai tiga indikator komunikasi matematis, subjek berkemampuan mencapai dua indikator komunikasi matematis, dan subjek berkemampuan sangat rendah sama sekali tidak mencapai indikator komunikasi matematis. Dan presentase rerata kemampuan komunikasi siswa pada materi SPLDV yaitu 45%. Kata-kata kunci:Kemampuan Komunikasi, Komunikasi Matematis, Materi SPLDV.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020