MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 1 KEDUNG WARINGIN PADA MATERI SEGITIGA

Vivih Atikah Sari (Unknown)
Alpha Galih Adirakasiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2021

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedung Waringin pada materi segitiga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 4 sebanyak 34 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal uraian pada materi segitiga yang dapat mengukur kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 1 Kedung Waringin. Hasil penelitian ini menunjukkan belum ada siswa yang mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis secara maksimal. Diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada tahap menentukan konsep dalam penyelesaian masalah sebesar 35,66%. Pada tahap merumuskan cara dalam menyelesaikan masalah sebesar 21,32%. Selanjutnya, tahap memberikan argumen dalam menyelesaikan masalah sebesar 15,07% dan terakhir tahap mengevaluasi penyelesaian masalah sebesar 14,34%. Kata-kata kunci: Pembelajaran Matematika, Berpikir Kritis, Materi Segitiga

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...