Jurnal Pendidikan
Vol 30, No 1 (2021)

Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Media Google Classroom

Farida Kusumaningrum (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Salzabela - Agustina (Univet Bantara Sukoharjo)
Afif Afghohani (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran daring dengan menggunakan media Google Classroom. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Polokarto Sukoharjo pada semester ganjil tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pembelajaran daring dengan Google Classroom. Hasil penelitian ini adalah Rata-rata Keaktifan siswa pada Prasiklus sebesar 41,76%, pada siklus I sebesar 50,58% dan pada siklus II sebesar 65,29%. Pada siklus II indikator kinerja sudah terlampaui, maka penelitian ini berhenti pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran daring dengan Google Classroom dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.Kata-kata Kunci: keaktifan siswa, media Google Classroom, pembelajaran daringĀ 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...