Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran interaktif tentang kenampakan alam guna meningkatkan Hasil belajar siswa kelas IV SDN 25 Kota Ternate. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Rancangan penelitian secara berdaur ulang (silkus) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan reffleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 23 orang. Data penelitian ini yaitu tes, wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwasetelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran pada Siklus 1 nampak sekali peningkatan hasil belajar siswa yaitu sebesar 70%, 16 siswa sudah tuntas dan 7 siswa masih belum tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan secara signifikan sebesar 88%.Dengan demikian maka pembelajaran interaktif, ternyata mampu meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi tentang kenampakan alam
Copyrights © 2019