Hasil pemantauan yang dilakukan oleh penulis menunjukkan kualitas proses pembelajaran guru kelas V dan VI SD Negeri 2 Jobokuto kurang maksimal. Rata-rata skor untuk guru kelas V adalah 1,12 dan guru kelas VI adalah 1,18 dengan rerata 1,15 dengan maksimal skor 3. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan, kenaikan persentase dan efektivitas proses pembelajaran dengan bimbingan partisipasi aktif oleh kepala sekolah bagi guru kelas tinggi yaitu kelas V dan kelas VI SD Negeri 2 Jobokuto Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan dengan jenis metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Prosedur tindakan dilakukan meliputi dua siklus dan setiap siklus melalui 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiaan guru kelas tinggi kelas V dan VI SD Negeri Jobokuto. Berdasarkan hasil pengamatan melalui bimbingan partisipasi aktif oleh kepala sekolah ada peningkatan kualitas proses pembelajaran dari kondisi awal ke siklus II yaitu dari 1,15 dapat dilaksanakan sangat efektif.Kata Kunci: Kualitas pembelajaran, pembimbingan, partisipasi aktif
Copyrights © 2021