Penelitian ini bertujuan yaitu: 1) Mendeskripsikan penggunaan metode quantum Learning dalam pembelajaran menulis cerpen; 2) Mendeskripsikan penggunaan metode quantum dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Adapun manfaatnya, yaitu 1) manfaat teoritis; dan 2) manfaat praktis. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas VIII yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian adalah Penggunaan metode quantum learning dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Rancangan penelitian ini, dilaksanakan secara bersiklus hingga mencapai hasil sesuai target. Hasil tes yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis cerpen mengalami peningkatan dari tes awal nilai rata-rata 4,5 dengan kategori kurang, siklus I nilai rata-rata 6,6 dengan kategori cukup, dan siklus II nilai rata-rata 8,9 dengan kategori sangat baik. Dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I dan II sudah mengalami peningkatan. Maka, penelitian tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan perlu dikembangkan guna meningkatkan kreativitas siswa, sehingga siswa mampu mencapai kompetensi yang diharapkan. Peneliti menyarankan (1) guru hendaknya menggunakan metode quantum learning dalam pembelajaran menulis cerpen, karena metode ini mampu membuat siswa menjadi kreatif dalam menciptakan suasana pembelajaran, dan (2) bagi peneliti lainnya agar dapat melakukan penelitian pembelajaran menulis cerpen dengan metode pembelajaran yang berbeda, salah satunya metode quantum learning, karena dengan Penggunaan metode ini dapat menciptakan suasana belajar yang lebih aktif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020