JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar)
Vol 2 No 2 (2020): Jurnal PENDAS: Pendidikan Dasar

PENGGUNAAN METODE QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 KOTA TERNATE

Yusri A Boko (Unknown)
Sufri Saleh (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu: 1) Mendeskripsikan penggunaan metode quantum Learning dalam pembelajaran menulis cerpen; 2) Mendeskripsikan penggunaan metode quantum dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Adapun manfaatnya, yaitu 1) manfaat teoritis; dan 2) manfaat praktis. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas VIII yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian adalah Penggunaan metode quantum learning dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Rancangan penelitian ini, dilaksanakan secara bersiklus hingga mencapai hasil sesuai target. Hasil tes yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis cerpen mengalami peningkatan dari tes awal nilai rata-rata 4,5 dengan kategori kurang, siklus I nilai rata-rata 6,6 dengan kategori cukup, dan siklus II nilai rata-rata 8,9 dengan kategori sangat baik. Dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I dan II sudah mengalami peningkatan. Maka, penelitian tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan perlu dikembangkan guna meningkatkan kreativitas siswa, sehingga siswa mampu mencapai kompetensi yang diharapkan. Peneliti menyarankan (1) guru hendaknya menggunakan metode quantum learning dalam pembelajaran menulis cerpen, karena metode ini mampu membuat siswa menjadi kreatif dalam menciptakan suasana pembelajaran, dan (2) bagi peneliti lainnya agar dapat melakukan penelitian pembelajaran menulis cerpen dengan metode pembelajaran yang berbeda, salah satunya metode quantum learning, karena dengan Penggunaan metode ini dapat menciptakan suasana belajar yang lebih aktif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendas (Pendidikan Sekolah Dasar) adalah terbitan ilmiah berkala yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di STKIP Kie Raha Ternate. Melalui jurnal ini, para peneliti, penulis, guru, dan dosen di lingkup Pendidikan Guru Sekolah Dasar diajak untuk saling berbagi hasil ...