Jurnal Pendidikan
Vol 29, No 3 (2020)

Peningkatan Hasil Belajar dalam Menulis Surat Dinas Melalui Metode Examples Non Examples

Imtihan Syamsul Maarif (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dalam menulis surat dinas melalui metode examples non examples siswa kelas VIIII A semester I SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/ 2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo yang berjumah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan pada akhir siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dalam menulis surat dinas 80,00, dan ketuntasan minimal 90% yang diajar dengan metode examples non example. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan metode examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar dalam menulis surat dinas siswa kelas VIIII A semester I SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/ 2019. Adanya peningkatan pada hasil belajar siswa dalam menulis surat dinas, yaitu: nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 72,9,5, pada siklus I sebesar 76,1, dan pada siklus II sebesar 81,3. Peningkatan nilai ketuntasan minimal, yaitu: sebelum tindakan 56,25%, pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II sebesar 86,9%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...