Jurnal Pendidikan
Vol 29, No 1 (2020)

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe numbered Head Together Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Joko Budi Marsono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VII G SMP Negeri2 Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal yaitu 70,0 mencapai ≥ 85%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Sukoharjo. Sebelum tindakan/prasiklus, prestasi belajar siswa yang mencapai KKM 15 siswa atau 46,9%, pada siklus I, 23 siawa atau 71,9% dan pada siklus II, 30 siswa atau 93,75%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 68,5 setelah tindakan siklus I sebesar 71,9 dan setelah tindakan siklus II sebesar 82,1. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...