Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menjelaskan pelaksanaan model pembelajaran pendekatan komunikatif dan dengan penerapan model pembelajaran tersebut untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berlatih praktik debat pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Gemolong. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS1 SMA Negeri 1 Gemolong pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Sumber data diperoleh dari guru, siswa, tempat, dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran dan dokumentasi. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber data. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan penelitian kelas, rata-rata kemampuan siswa berlatih praktik debat mendapat skor kurang memuaskan, setelah diadakan siklus I mendapat skor rata-rata 73,17 dan setelah siklus II rata-rata mendapat skor 84,15, Sementara aktivitas siswa dalam pembelajaran berlatih praktik debat juga meningkat setiap pertemuan pada siklusnya, siklus I rata-rata 70, siklus II rata-rata 95. Berdasarkan hasil observasi kinerja guru juga mengalami peninglatan sehingga hal tersebut mempengaruhi kemampuan berlatih praktik debat pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Gemolong. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan berlatih praktik debat pada siswa Kelas X IPS 1 Semester 1 SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2019/2020.
Copyrights © 2020