MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

ANALISIS KESALAHAN MAHASISWAMENGERJAKAN SOAL TEORI BILANGAN MENURUT TAHAP KASTOLAN DITINJAU DARI GENDER

Putri Meilanawati (Unknown)
Heni Pujiastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2020

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal teori bilangan menurut tahap Kastolan, apa saja faktor penyebab kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal teori bilangan, dan apakah ada pengaruh gender dalam menyelesaika soal matematika. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 6 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang terdiri dari 3 orang mahasiswa laki-laki dan 3 orang mahasiswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil yang diperoleh adalah 33.3% kesalahan konseptual, 33.3% kesalahan prosuderal dan 38.8% kesalahan teknis. Faktor penyebab kesalahan mahasiswa dalam menyelsaikan soal-soal teori bilangan anatara lain: 1) Kurangnya mahasiswa dalam memahami soal yang diberikan sehingga kebingungan dalam menyelesaikan soal tersebut; 2) Mahasiswa kurang teliti dalam perhitungan yang menyebabkan hasil akhir salah; 3) Mahasiswa tidak hafal teorema-teorema dalam mata kuliah teori bilangan. Pada mahasiswa laki-laki persentase rata-rata kesalahan yang dilakukan sebesar 35.76%, sedangkan pada mahasiswa perempuan sebesar 16.03%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan gender sangat berpengaruh dalam menyelesaikan masalah matematika, dimana kemampuan perempuan menyelesaikan permasalahan matematika lebih baik daripada kemampuan laki-laki.  Kata-kata kunci:Faktor, Gender, Kesalahan, Teori Bilangan, Tahap Kastolan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...