JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains)
Vol 6, No 2 (2017)

Pengembangan Modul Pratikum Berbasis Pendekatan PACE (Planing, Activities, Class discussion, Exercise) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar siswa pada Materi Listrik Dinamis kelas IX di SMP Negeri 10 Takengon Kabupaten Aceh Tengah

Syukrimansyah, Syukrimansyah (Unknown)
Hasan, Muhammad (Unknown)
Safitri, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan judul pengembangan modul praktikum berbasis pendekatan PACE  pada materi listrik dinamis. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 10 Takengon. Penelitian ini menggunakan Mixed Methods desain embedded experimental Model. Pendekatan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) Metode ini terdiri dari dua proses pokok, yaitu jenis penelitian kuantitatif disertai dengan penelitian  kualitatif  yang embedded di dalamnya, dan proses interprestasi kualitatif didasarkan pada hasil penelitian. Rancangan penelitian kuantitatif menggunakan Pre-Experimental design  menggunakan rancangan The One Group Pretest Posttest Design. Angket untuk mengetahui motivasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan modul Pace dalam pembelajaran. Hasil uji normalitas dan homogenitas  menunjukkan bahwa data homogen dan berdistribusi normal. Hasil uji t diperoleh t hitung>ttabel (4,55 >2,02)  artinya terjadi perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul Pace. Selain itu siswa  juga memberikan tanggapan yang positif  terhadap penggunaan modul PACE, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan modul PACE dapat meningkatkan motivasi siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpps

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) is one of the research journals in the education field which includes science, physics, chemistry, and biology education. JPPS also contains articles that discuss the latest issues about ...