Memasuki era kompetisi dalam pasar global, factor kualitas pelayanan merupakan hal yang mutlak diperlukan. Kondisi tersebut semakin mendorong pemerintah, khususnya dunia pendidikan termasuk pendidikan dasar untuk memberikan kualitas pelayanan maksimal. Pendidikan dasar sebagai suatu lembaga penyedia jasa pendidikan dituntut dapat memberikan pelayanan yang mampu menciptakan kepuasan maksimal kepada orang tua pengguna jasanya, yang pada gilirannya akan mampu mendorong kemajuan pendidikan dasar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan orang tua siswa di SDI Integral Luqman Al Hakim Batam. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yakni orang tua siswa kelas V dan kelas VI sebanyak 155 orang. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS16 for Windows. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: variabel kualitas pelayanan pendidikan di SDI Integral Luqman Al Hakim berpengaruh signifikan terhadap kepuasan orang tua siswa
Copyrights © 2021