Jurnal Mumtaz
Vol. 1 No. 1 (2021): JANUARI 2021

KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PENERIMAAN SISWA BARU DI SEKOLAH INTEGRAL LUQMAN AL-HAKIM HIDAYATULLAH SURABAYA

Muhammad Vriyatna (STIT Mumtaz Karimun)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2021

Abstract

Persaingan di lembaga pendidikan pada saat ini sangatlah ketat dan berat. Tidak hanya sekolah negeri sekarang pun semakin banyaknya bermunculan sekolah-sekolah swasta yang menjadi pesaing dalam merekrut siswa baru. Dalam merekrut siswa baru Sekolah Integral Luqman Al-Hakim Hidayatullah Surabaya mengalami naik turun dalam pencapaian target. Terutama untuk unit SMP Putri dan SMP-SMA Fullday yang masih belum pernah mencapai target dari yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Meskipun tim promosi sekolah sudah melaksanakan semua strategi promosi sekolah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu peneliti ingin mengetahui tentang Komunikasi Pemasaran Dalam Penerimaan Siswa Baru yang dilakukan oleh Sekolah Integral Luqman Al-Hakim Hidayatullah Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif, dan menggunakan wawancara mendalam kepada Ketua Penerimaan Siswa Baru dan tim promosi yang dipimpinnya. Informan terdiri dari Kabid Akademik, Kepala Humas, Kepala Sekolah TK Yaa Bunayya I, Kepala Sekolah SD, Kepala Sekolah SMP, Kepala Sekolah SMA, dan Ketua STAI Luqman Al-Hakim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan siswa baru yang mendaftar 60% dari promosi internal dan 40% dari promosi external. Promosi internal yaitu dengan menggunakan word of mouth komite sekolah, orang tua siswa itu sendiri, dan menggunakan bantuan dari wali kelas dengan program forum kelas. Sedangkan external yaitu dengan penyebaran brosur, spanduk, baliho, iklan di koran, majalah SAHID, buletin BMH, buletin Luqman Hakim, Kalender, dan media sosial lainnya. Berdasarkan penelitian tersebut maka perlu meningkatkan kualitas tim promosi dalam bidang komunikasi pemasaran dalam merekrut siswa baru dan kualitas produk yang dipromosikan sehingga lembaga pendidikan ini bisa lebih dikenal oleh masyarakat baik yang ada di Surabaya maupun di luar Surabaya. Selain itu disarankan agar melakukan terlebih dahulu evaluasi kinerja selama satu tahun dalam kegiatan komunikasi pemasaran sekolah sebelum melakukan kegiatan promosi tahun depan dan yang kedua tim promosi lebih solid lagi dalam melakukan promosi sekolah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

stitmumtaz

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Mumtaz ini diterbitkan oleh LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz Karimun. Nama Mumtaz dipilih menjadi nama jurnal ini berasal dari bahasa Arab yang salah satu arti maknanya adalah terbaik, dengan harapan civitas akademika STIT Mumtaz terilhami untuk meraih dan menjadi yang terbaik dalam ...