Academy of Education Journal
Vol 4 No 2 (2013): Academy of Education Journal

MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO DAN HASIL PENILAIAN DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PANGGANG GIRIHARJO KECAMATANPANGGANG GUNUNG KIDUL

Sukoco Sukoco (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2013

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model pembelajaran portofolio dan hasil penilaian dalam bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas V SD Negeri Panggang I Giriharjo Gunung Kidul. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Panggang I Giriharjo Gunung Kidul. Untuk mendapatkan data digunakan metode wawancara obervasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa data digunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif. Analisa data kuantitatif digunakan untuk menganilasa data yang berupa keterangan-keterangan, dan analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisa data perubahan jumlah atau frekuensi dari hasil pekerjaan siswa, selanjutnya dianalisa dengan rumus presentase. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dan penilaian portopolio bagi guru merupakan model yanh efektif, tidak membebani dan dapat dilaksanakan secara baik. Bagi siswa merasa diperhatikan oleh guru dan hubungan guru dengan siswa terjalin secara baik.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Academy of Education Journals are journals that contain online diffusion media articles and the exchange of the latest information on the latest research findings. This journal covers various perspectives on education, social, law with special interest in the field of Pancasila and Citizenship ...