Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak
Vol 1, No 2 (2019): September

PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PENGENALAN DAN PEMBELAJARAN SEJARAH TERJADINYA PULAU MAITARA

Hasan Hamid (Unknown)
Mohamad Jamil (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Sejarah selalu diidentikkan dengan pelajaran mengetahui dan menghafalkan peristiwa/fakta sejarah, tanpa menelaah lebih lanjut apa sebenarnya yang diinginkan dari pemahaman terhadap peristiwa sejarah tersebut. Penggunaan metode ceramah dan kurangnya pemanfaatan media dalam menjelaskan materi akan mempersulit siswa untuk membangun pengetahuan. Salah satu bentuk media teknologi pembelajaran yang dapat digunakan untuk memotivasi pelajar untuk mengeksplorasi dan melakukan pengontrolan dari berbagai perspektif yang berbeda adalah Augmented Reality (AR). Penelitian ini coba membahas mengenai perancangan buku interaktif berbasis Augmented Reality pada pengenalan dan pembelajaran sejarah terjadinya pulau maitara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat developmental yang dilakukan dengan 2 tahap, yaitu; Studi pustaka dan implementasi. Dari hasil  pengujian fungsi tombol didapatkan bahwa tombol-tombol yang ada dalam aplikasi AR dapat berjalan dengan baik dan menampilkan objek 3D. Dalam pengujian Marker  didapatkan bahwa dalam keadaan pencahayaan yang cukup gambar akan terlihat dengan baik.  Kata kunci: Buku Interaktif, Multimedia, Augmented Reality,  Pembelajaran, Pulau Maitara

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JINRPL

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Informatics and Software Engineering accepts scientific articles in the focus of Informatics. The scope can be: Software Engineering, Information Systems, Artificial Intelligence, Computer Based Learning, Computer Networking and Data Communication, and ...