E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 11, No 3 (2020): E-DIMAS

Pembinaan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode ARCS

Hariandy Hasbi (STIE STAN Indonesia Mandiri, Bandung, Jawa Barat)
Novi Rukhviyanti (STMIK Indonesia Mandiri)
Hendra Gunawan (STMIK Indonesia Mandiri)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2020

Abstract

Tujuan pembinaan memotivasi belajar menggunakan metode ARCS adalah untuk meningkatkan motivasi siswa untuk belajar lebih giat dan tekun sehingga materi pelajaran yang dipelajarinya dapat mereka kuasai dan pahami dengan baik. Metode ARCS adalah suatu teknik meningkatkan motivasi belajar dengan cara kreatif dan edukatif sehingga akan menimbulkan rasa senang dan puas bagi peserta yang mempelajarinya. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa di Desa Legok Pego, Majalaya, Kabupaten Bandung. Hasil diskusi dengan guru dan orang tua di Desa Legok Pego terdapat beberapa kesulitan yang dihadapi oleh mereka dalam meningkatkan motivasi belajar siswa baik dikelas maupun dirumah. Hal ini dimungkinkan karena guru dirasa kurang tepat dalam pemilihan metode atau pendekatan pembelajaran serta media pembelajaran yang dipergunakan, sedangkan dirumah orangtua kurang meminta anaknya untuk belajar. Berkenaan dengan masalah tersebut, perlu adanya suatu pembinaan memotivasi belajar siswa dengan metode ARCS. Diharapkan dengan penerapan metode ARCS ini, motivasi belajar siswa dapat meningkat dan hasil pelajaran serta nilai akademik mereka bertambah baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...