Jurnal Pendidikan
Vol 20 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan

Hubungan Kecerdasan Sosial dengan Kemampuan Kerjasama dalam Kelompok pada Mahasiswa Semester III PGSD FKIP UPR

Ichyatul Afrom (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasansosial dengan kemampuan kerja sama dalam kelompok pada mahasiswasemester III PGSD FKIP Unpar. Metode penelitian digunakan sebagai acuan peneliti untuk melakukanpenelitian, adalah penggunaan metode yang tepat sangat berpengaruhterhadap hasil penelitian, dengan demikian maka penelitian inimenggunakan metode korelasional. Berdasarkan angket yang disebar dalam penelitian menunjukan rata- rata setiap peserta didik memiliki kecerdasan sosial sedang. Kecerdasansosial mahasiswa yang tinggi maka akan mempengaruhi kemampuanmahasiswa dalam belajar kelompok. Hal tersebut dapat dibuktikan denganadanya hubungan yang kuat antara kecerdasan sosial terhadap kemampuanbelajar kelompok mahasiswa sebesar 0,882 lebih besar dibandingkandengan r tabel 0,423. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapathubungan antara tingkat kemampuan peserta didik dalam belajar kelompokterhadap tingkat kecerdasan sosial mahasiswa, semakin tinggi tingkatkeserdasan maka akan berpengaruh positif terhadap kerja sama ketikaterlibat dalam kegiatan belajar kelompok.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan diterbitkan sejak bulan Juni 2000 dengan ISSN 1411-481X oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya (UPR). Jurnal Pendidikan diterbitkan dua kali setahun, setiap bulan Juni dan Desember. Jurnal Pendidikan berisi artikel-artikel hasil ...