Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar Fluida pada siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 2 Baubau. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Baubau, pada bulan Pebruari–April (semester genap tahun pelajaran 2013/2014). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA-2 di SMA Negeri 2 Baubau yang terdiri dari 42 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar materi fluida pada siswa kelas XI IPA-2 pada SMA Negeri 2 Baubau Ketuntasan belajar siswa meningkat dari 0% (sebelum tindakan) menjadi 57,13% (siklus I) dan menjadi 78,57% (siklus II). Rerata nilai siswa meningkat dari 58,60 (sebelum tindakan) menjadi 63,64 (siklus I) dan menjadi 78,57 (siklus II).
Copyrights © 2016