Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 5, No 2 (2019): May 2019

Upaya Peningkatan Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis Pengawas di SD Binaan Wilayah Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna Tahun Pelajaran 2013/2014

La Omi (Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Muna)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran melalui supervisi klinis Pengawas di SD Binaan Wilayah Kecamatan Napabalano Tahun pelajaran 2013/2014. Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru dengan mencapai standar ideal. Dari 67,40 % pada Siklus l, dapat meningkat menjadi 86,50 % pada siklus II.Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan Pengawas melalui supervisi klinis efektif untuk meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran di SD Binaan Wilayah Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...