Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 4, No 1 (2018): January 2018

Bimbingan Kelompok Topik Tugas Pada Keterampilan Komunikasi Interpersonal

Irpan Kasan (Universitas Negeri Gorontalo)
Moh. Hazrin Pongoliu (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2020

Abstract

Dari hasil penelitian didapati bahwa pada umumnya keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII berada pada kategori rendah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian“one group pre-test and post-test design”. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu Variabel X (Bimbingan Kelompok Topik Tugas) dan variabel Y (keterampilan komunikasi interpersonal siswa) Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini diberikan 8 kali treatmen pada 15 orang siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Yaitu teknik sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data berupa teknik angket tentang variabel Y (keterampilan komunikasi interpersonal siswa). Uji hipotesis menggunakan uji t yang menghasilkan harga thitung = 2.403, sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf 5% diperoleh ttabel = t0,05 (28)=1,701 artinya thitung > tdaftar . Dengan demikian hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok topik tugas terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango, dapat diterima.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...