Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 5, No 3 (2019): September 2019

Dampak Tunjangan Profesi Terhadap Motivasi Kerja Guru SMA di Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo

Mohammad Fadli A. Himran (Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo)
Heldy Vanni Alam (Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak tunjangan profesi terhadap motivasi kerja guru SMA Negeri di Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo.Jenis penelitian survei dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru PNS SMA Negeri di Kota Gorontalo yang berjumlah 215 orang.Jumlah sampel 140 orang guru yang diambil dengan menggunakan Rumus Slovin.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka diperoleh persamaan regresi Ŷ= 19,668 + 0,627X yang berarti bahwa setiap terjadi perubahan pada satu-satuan variabel tunjangan profesi, maka akan diikuti oleh perubahan sebesar 0,627 atau 62,7% satuan pada varibel motivasi kerja guru.Hasil penelitian menunjukan pula bahwa tunjangan profesi memiliki dampak positif terhadap meningkatnya motivasi kerja guru SMA Negeri di Kota Gorontalosebesar 36,2%.Dengan demikian, hipotesis penelitian dapat diterima.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...