Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 5, No 1 (2019): January 2019

Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Produktif Melalui Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Popayato

Rustam Puluhulawa (Pengawas Sekolah Dinas DIKBUDPORA Prov. Gorontalo)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2020

Abstract

Pada dasarnya mengajar bukanlah pekerjaan yang ringan bagi seorang guru berhadapan dengan sekelompok siswa yang memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga memerlukan bimbingan atau petunjuk agar mereka menjalani proses belajar secara maksimal dalam suasana yang kondusif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Maksudnya setiap data dideskripsikan, kemudian dianalisis terlebih dahuli, bahkan juga dibandingkan sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik penelitian ini ditempuh melalui dua cara yakni : (1) teknik pengumpulan data dan (2) teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Supervisi akademik dengan pendekatan kelompok dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran pada guru SMK Negeri 1 Popayato Kabupten Pohuwato tahun pelajaran 2016/2017. Temuan tersebut memberikan implikasi baik secara paraktis maupun teoritis. Secara praktis, implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa semakin tepat teknik supervisi dilakukan, maka hasil yang diperoleh akan semakin optimal. Implikasi praktis lain dari hasil penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan supervisi yang dilakukan secara berkelanjutan akan mempunyai hasil guna yang lebih optimal.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...