Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 2 (2021): May 2021

Link and Match Between Hypnoteaching and Transformative Learning A Study Toward Practical Dimension in Learning

Fuad Hasan (University of Jember)
Sukidin Sukidin (University of Jember)



Article Info

Publish Date
07 May 2021

Abstract

Hypnoteaching merupakan salah satu metode pembelajaran yang memiliki tujuan yang sama dengan pembelajaran transformative, yaitu merubah mindset sasarannya yang dalam konteks ini adalah mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian dari metode hypnoteaching dan transformative learning ditinjau dari sisi input, proses dan hasil. Langkah-langkah penelitian yang ditempuh adalah melakukan studi pendahuluan, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) dari sisi input, pendidik memiliki kualifikasi yang sesuai dari sisi penguasaan metode hypnoteaching namun belum memahami komponen pembelajaran transformatif, (2) dari sisi proses, langkah-langkah pembelajaran transformative tidak sepenuhnya tercover dalam langkah-langkah metode hypnoteaching dan (3) dari sisi hasil, dampak instruksional berupa pemerolehan sikap kritis telah tercapai, sedangkan dampak pengiring berupa peningkatan capaian prestasi masih sangat sedikit jika ditinjau dari sisi jumlah baik dari sisi keikutsertaan dalam event prestasi dan jumlah penghargaan yang diperoleh.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...