Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 2 (2021): May 2021

Evaluasi Implementasi Program Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Di Smk Ypk Kesatuan Jakarta

Masruroh Masruroh (Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Somariah Fitriani (Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)



Article Info

Publish Date
07 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa hambatan- hambatandalam sosialisasi program BOS, implementasi program BOS dan manajemenpengelolaan program BOS di SMK YPK Kesatuan Jakarta, dengan menggunakanmodel evaluasi kesenjangan (Discrepancy Model Evaluation). Pengumpulan datadilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara terstruktur, dandokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala Sekolah, bendahara BOS,guru, orang tua dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan ada kesenjangan dalam sosialisasi program BOS dan hambatan-hambatanya yaitu komunikasi yang kurang efektif , TIM BOS tidak memahami tugas dan fungsinya. Implementasi program BOS di SMK YPK Kesatuan Jakarta, 10 komponen sesuai juknis, 3 komponen terjadi ketimpangan antara juknis BOS dengan realisasi pembelanjaan yaitu pembelian alat multimedia pembelajaran, pembayaran honor guru, dan kegiatan praktek kerja industri. Manajemen pengelolaan dana BOS di SMK YPK Kesatuan Jakarta terjadi ketimpangan, peneliti tidak mendapatkan dokumen RKAS untuk dianalisis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...