Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 5, No 3 (2019): September 2019

Meningkatkan Kemampuan Guru-Guru Dalam Membuat Kisi-Kisi Soal Melalui Teknik Kelompok Di SMP Negeri 1 Ponelo Kepulauan

Imran Atute (Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo Utara)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2019

Abstract

Peningkatan kemampuan guru-guru di SMP Negeri 1 Ponelo Kepulauan dalam dalam membuat tes ditandai dengan penguasaan guru secara optimal terhadap 7 indikator membuat tes mata pelajaran yaitu : a) Kemampuan menganalisis kompetensi dasar dalam kurikulum, b) Kemampuan menganalisis karakteristik siswa, c) Kemampuan analisis dan mengkaji cara membuat tes mata pelajaran, d) Kemampuan mendesain tes mata pelajaran, e) Kemampuan memvalidasi test mata pelajaran, f) Kemampuan mengidentifikasi dan menguji coba tes mata pelajaran dan g) Kemampuan menganalisis hasil tes mata pelajaranTeknik anĂ¡lisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menjabarkan secara rinci perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta hasil pelaksanaan tindakan setiap siklus sehingga diperoleh gambaran yang jelas tentang hasil penelitian.Berdasarkan hasil analisis ini menunjukkan bahwa terlihat perkembangan yang cukup signifikan dari kemampuan guru-guru di SMP Negeri 1 Ponelo Kepulauandalam membuat test mata pelajaran. Namun demikian kemampuan guru dalam meningkatkan kemampuan guru-guru di SMP Negeri 1 Ponelo Kepulauandalam membuat tes mata pelajaran perlu ditingkatkan karena terdapat 3 kemampuan dalam penyusunan test mata pelajaran yang belum dapat dilaksanakan guru dengan baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...