Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 2 (2021): May 2021

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyajian Data Kelas IV Sekolah Dasar

Samsiar Rivai (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo)
Fitriyanti Dunggio Mohamad (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
07 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan modelpembelajaran think pair share terhadap hasil belajar siswa pada materi penyajiandata kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian ini, menggunakan jenis kuantitatif.Desain penelitian yang digunakan Pre-Experimental tipe one group pretest posttest.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes (pretestdan posttest), observasi dan dokumentasi adalah penunjang. Populasi dan sampelpenelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sebesar 35.23 dan nilai rata-rata posttest sebesar 80,06. Uji t menggunakan taraf signifikan α = 0,05 yang menyebutkan bahwa thitung > ttabel yaitu 83.09 > 2.045, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi penyajian data kelas IV SD.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...