Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan modelpembelajaran think pair share terhadap hasil belajar siswa pada materi penyajiandata kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian ini, menggunakan jenis kuantitatif.Desain penelitian yang digunakan Pre-Experimental tipe one group pretest posttest.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes (pretestdan posttest), observasi dan dokumentasi adalah penunjang. Populasi dan sampelpenelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sebesar 35.23 dan nilai rata-rata posttest sebesar 80,06. Uji t menggunakan taraf signifikan α = 0,05 yang menyebutkan bahwa thitung > ttabel yaitu 83.09 > 2.045, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi penyajian data kelas IV SD.
Copyrights © 2021