Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Menggunakan Powtoon

Sofi Maulidah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Serang Banten, Indonesia)
Lukman Nulhakim (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Serang Banten, Indonesia)
Nana Hendracipta (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Serang Banten, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan media pembelajaran berbasis audio visual menggunakan powtoon dan respon peserta didik setelah belajar menggunakan media pembelajaran berbasis audio visual dengan menggunakan powtoon. Penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) untuk menguji kelayakan dari produk tersebut, dilakukan uji validasi. Validasi ahli dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dengan subyek penelitian 20 pesesrta didik kelas III SD Negeri Serang 21. Berdasarkan hasil penelitian bahwa media pembelajaran berbasis audio visual dengan menggunakan powtoon dinyatakan “sangat layak” oleh dua ahli media dengan rata-rata persentase 83% dan dinyatakan “sangat layak” oleh dua ahli materi dengan rata-rata persentase 87%. Respon yang diberikan peserta didik mendapatkan persentase 96,25% yang termasuk “sangat baik”. Dari penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembalajaran berbasis audio visual dengan menggunakan powtoon sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...