Pendidikan formal yang telah di terapkan selama ini di Indonesia yang padadasarnya mengadopsi pendidikan yang berasal dari Pendidikan Barat,mempunyai dampak luar biasa bagi manajemen pendikan di Pondok Pesantren.Hal ini menjadi tantangan dan warna terhadap perkembangan pendidikan pondokpesantren. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metodepemberdayaan ekonomi dalam mewujudkan jiwa kemandirian santri, juga apasaja faktor pendorong dan penghambatnya, jenis progam Dan manfaatnya bagisantri di pondok pesantren Albahja kabupaten Cirebon. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatifdeskriptif. Adapun hasil penelitian dari penelitian ini menunjukkan bahwa pondokpesntren telah mengembangkan bebrapa metode pemberdayaan ekonomi santri:Dewan santri, mewadahi potensi, pengabdian, kruikulum yang khas, mendirikanBaitul Maal, Toko Sembako Abmart, Frendchese Abchikken. Pemberdayaan inidilakukan karena tuntutan pendidikan, ekonomi dan dakwah. Namun yangpoupular berkembang dimasyarakat luas pondok pesantren Albahjah adalahlembaga Dakwah.Kata Kunci : Pondok Pesantren, Pemberdayaan, Pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018