Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran lompat harimau pada senam lantai kelas VII di SMP Negeri 2 Majalaya. Banyaknya siswa yang kurang percaya diri pada saat mengikuti pembelajaran senam lantai lompat harimau. Untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepercayaan diri siswa maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket terhadap 40 siswa. Hasilnya didapat bahwa tingkat kepercayaan diri siswa termasuk kedalam kategori “sangat baik” dengan persentase 10%, pada kategori “baik” dengan persentase 30%, pada kategori “cukup baik” dengan persentase 40%, pada kategori “kurang baik” dengan persentase 17,5 %, dan pada kategori “sangat kurang baik” dengan persentase 2,5%. Dari penelitian ini terlihat bahwa kepercayaan diri siswa yang mengikuti pembelajaran senam lantai lompat harimau di SMPN 2 Majalaya Kabupaten Karawang memiliki tingkat kepercayaan diri kategori cukup baik. Maka dari itu peran guru olahraga sangat berpengaruh dalam melakukan peningkatan kepercayaan diri siswa.
Copyrights © 2020