Perspektif Akuntansi
Vol 2 No 1 (2019)

Penciptaan Nilai Pasar oleh Perusahaan Terpercaya

Lenni Yovita (Unknown)
Ika Kristianti (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja profitabilitas (Return on Assets dan Return On Equity), Corporate Governance (Corporate Governance Perception Index) terhadap penciptaan nilai pasar perusahaan. Penelitian ini menggunakan sampel 40 perusahaan go public di Bursa Efek Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan CGPI tahun 2007-2010 pada periode survei tahun 2006-2009. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi 5%, ditemukan bahwa kinerja profitabilitas (ROA) dan Corporate Governance (CGPI) berpengaruh positif signifikan terhadap penciptaaan nilai pasar (MVA growth). Lain halnya dengan hasil ROE yang berpengaruh tidak signifikan terhadap MVA growth. Impikasi studi ini antara lain: (1) memberikan bukti empiris tentang proses penciptaan nilai pasar dan memperkuat teori yang berkaitan dengan penciptaan nilai pasar, yaitu Teori Sinyal, Shareholder Value Creation), dan Teori Keagenan, (2) memberikan gambaran aplikatif penciptaan nilai pasar perusahaan berkesimbungan dengan mencapai kinerja profitabilitas yang menjadi target menjadi target bersama antara pemegang saham dan pihak manajemen, penerapan Good Corporate Governance.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

persi

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Perspektif Akuntansi merupakan media publikasi di bidang akuntansi yang diterbitkan oleh Center for Accounting Development and Research (CARD), Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universias Kristen Satya Wacana. Misi Perspektif Akuntansi adalah memfasilitasi hasil-hasil studi ...