Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja profitabilitas (Return on Assets dan Return On Equity), Corporate Governance (Corporate Governance Perception Index) terhadap penciptaan nilai pasar perusahaan. Penelitian ini menggunakan sampel 40 perusahaan go public di Bursa Efek Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan CGPI tahun 2007-2010 pada periode survei tahun 2006-2009. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi 5%, ditemukan bahwa kinerja profitabilitas (ROA) dan Corporate Governance (CGPI) berpengaruh positif signifikan terhadap penciptaaan nilai pasar (MVA growth). Lain halnya dengan hasil ROE yang berpengaruh tidak signifikan terhadap MVA growth. Impikasi studi ini antara lain: (1) memberikan bukti empiris tentang proses penciptaan nilai pasar dan memperkuat teori yang berkaitan dengan penciptaan nilai pasar, yaitu Teori Sinyal, Shareholder Value Creation), dan Teori Keagenan, (2) memberikan gambaran aplikatif penciptaan nilai pasar perusahaan berkesimbungan dengan mencapai kinerja profitabilitas yang menjadi target menjadi target bersama antara pemegang saham dan pihak manajemen, penerapan Good Corporate Governance.
Copyrights © 2019