Praktikum merupakan kegiatan pembelajaran literasi sains menjadi sangat penting untuk dimiliki peserta didik sebagai bekal untuk menghadapi tantangan perkembangan abad 21. tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui persepsi kegiatan praktikum sebagai penerapan literasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Samudra dan untuk mengetahui bagaimana cara pelaksanaan kegiatan praktikum oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Samudra. Hasil data yang didapat untuk penilain dosen 100% dari ketiga aspeK yang melaksanakan kegiatan praktikum tersebut. Sedangkan mahasiswa yang melaksanakan kegiatan praktikum pada aspek pertama mendapatkan nilai sebesar 67,7% maka dinyatakan cukup untuk persiapan praktikum, pada aspek kedua dengan nilai 71,0% dinyatakan baik, dan pada aspek ketiga 92,5% dinyatakan sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa Kegiatan Praktikum Sebagai Penerapan Literasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Samudra dinyatakan melaksanakan semua aspek pelaksanaan praktikum.
Copyrights © 2018