Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Jendela Pendidikan : Edisi Februari 2021

Proses Berpikir Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pemfaktoran

heri cahyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa yang mempunyai kemampuan tinggi, sedang dan rendah dalam pemecahan masalah pemfaktoran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dengan tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah memiliki perbedaan dan persamaan dalam memecahkan masalah matematika. Perbedaan tersebut, yaitu: (1) Siswa dengan tingkat kecerdasan tinggi mampu melihat dan mengamati soal dengan baik, bisa mengerjakan soal secara urut sesuai dengan prosedur dan teliti membaca soal. (2) Siswa dengan tingkat kecerdasan sedang kurang teliti dalam mengamati dan membaca soal, perlu sedikit arahan, kurang teliti dalam mengerjakan soal, akan tetapi masih bisa mengerjakan soal dengan caranya sendiri. (3) Siswa dengan tingkat kecerdasan rendah tidak teliti dalam mengamati dan membaca soal, kurang keinginan untuk mengarahkan diri mengerjakan soal dan tidak bisa membayangkan rumus apa yang akan dipakai dalam mengerjakan soal. Persamaannya yaitu: siswa masih berminat untuk mengerjakan soal pemfaktoran. Dari hasil tes tulis dan wawancara dapat disimpulkan bahwa dengan menganalisis kemampuan siswa memecahkan masalah matematika berdasarkan tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah maka dapat mengetahui tingkat kemampuan siswa saat mengerjakan soal pemfaktoran pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Ngrambe Ngawi tahun pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...