Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Jendela Pendidikan : Edisi Februari 2021

Efektivitas Model Penemuan Terbimbing Dan Model Pemecahan Masalah Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Magetan

Novia nurvita (MTs Negeri 1 Magetan)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 1 Magetan yang mendapat pembelajaran dengan model penemuan terbimbing lebih baik dari pada siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pemecahan masalah, (2) Apakah prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 1 Magetan yang memiliki kreativias tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki kreativitas rendah, (3) Apakah terdapat interaksi antara model (penemuan terbimbing dan pemecahan masalah) dengan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 1 Magetan tahun pelajaran 2018/2019, sejumlah 6 kelas. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen menggunakan model penemuan terbimbing dan kelas kontrol menggunakan model pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data untuk Prestasi belajar menggunakan metode tes, sedangkan untuk kreativitas pengumpulan data menggunakan metode angket. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalan sel tak sama dan dilakukan uji lanjut anava menggunakan uji Scheffe. Dari hasil analisis data didapatkan: 1) Prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik daripada model pembelajaran pemecahan masalah. 2) Prestasi belajar matematika antara siswa yang mempunyai kreativitas tinggi lebih baik daripada siswa yang mempunyai kreativitas rendah. 3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...