Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 2 (2019): Pedagogos : Jurnal Pendidikan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR SISWA

muhammad safei (SMK Negeri 1 Kota Bima)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara masing-masing kelompok gaya berpikir siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik multi-stage random sampling dengan data diambil dengan pendekatan one-shot model. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis varians (ANOVA) satu jalur dan uji LSD (Least Significant Difference). Hasil analisis data adalah: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada materi aplikasi barisan dan deret aritmatika menggunakan model direct instruction antara siswa gaya berpikir Sekuensial Konkret (SK), gaya berpikir Sekuensial Abstrak (SA), gaya berpikir Acak Konkret (AK), dan gaya berpikir Acak Abstrak (AA); (2) Jika membandingkan perbedaan hasil belajar antara kelompok gaya berpikir siswa tersebut, maka: (a) Siswa gaya berpikir Sekuensial Abstrak (SA) lebih tinggi dari pada siswa gaya berpikir Sekuensial Konkret (SK), Acak Konkret (AK), dan Acak Abstrak (AA), (b) Siswa gaya berpikir Sekuensial Konkret (SK) lebih tinggi dari pada siswa gaya berpikir Acak Konkret (AK) dan Acak Abstrak (AA), dan (c) Siswa gaya berpikir Acak Konkret (AK) lebih tinggi dari pada siswa gaya berpikir Acak Abstrak (AA).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

gg

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Pedagogos merupakan media publikasi ilmiah yang disediakan untuk menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian diberbagai bidang keilmuan dari kalangan guru-guru dosen, mahasiswa dan praktisi peneliti yang fokusnya di bidang ...